Menulis Fiksi Jadi Mudah Setelah Mengikuti Sunday Sharing 33!

Admin | Komunitas
Selasa, 31/01/2017 12:10 WIB

Menulis fiksi adalah menuangkan perasaan dan semangat hidup kedalam untaian kata-kata untuk mendapatkan makna yang berbeda. Karangan fiksi adalah cerita buatan yang dibuat pengarang. Dimana cerita di dalamnya menjadi bermakna dikarenakan daya khayal (imajinasi), angan-angan atau fantasi olah fikir ide kreativitas penulis.

Banyak penulis fiksi yang ingin tulisannya dimuat di halaman majalah, koran, dsb. Namun tidak semua tulisan penulis fiksi dapat dimuat dihalaman tersebut. Karena tulisan para penulis akan di cek kembali oleh para editor.

#SundaySharingBlogDetik 33 kemarin (29/1/2017), blogdetik menggandeng femina untuk berbagi ilmu dan workshop penulisan fiksi. Bertempat di markas besar www.detik.com, kegiatan yang bertemakan 'Kiat Menulis Fiksi Agar Dilirik Editor' ini, dihadiri lebih dari 20 peserta.

Sari Amalia yang bertindak sebagai MC, membuka acara tepat pukul 10.00 WIB sekaligus menjadi perwakilan dari blogdetik. Dilanjutkan dengan perkenalan seluruh peserta, lalu mempersilakan Rahma Wulandari sebagai narasumber untuk membagikan ilmu dan materi kepada peserta yang hadir.

Wanita yang dikenal sebagai Editor Fiksi Femina ini, tidak hanya membagikan materi teknis penulisan fiksi. Ia juga berbagi tips dan cara agar tulisan fiksi bisa dimuat pada sebuah halaman media.

Sesuai dengan keahliannya, Rahma menyajikan presentasinya dengan sederhana dan mudah dimengerti oleh peserta. Bahkan saat sesi tanya jawab, ada peserta yang berbagi pengalaman saat tulisannya dimuat oleh salah satu majalah ternama.

Memasuki sesi workshop, peserta diajak menuliskan ide cerita dengan waktu 15 menit. Hasil tulisan fiksi yang kebanyakan cerita tentang wanita, langsung mendapat penilaian dan komentar dari Rahma. Bahkan dari beberapa ide cerita tersebut, ternyata bisa dikembangkan menjadi tulisan fiksi yang menarik menurut narasumber.

Saat adzan Dhuhur berkumandang, peserta diberikan kesempatan untuk ISHOMA. Sekitar 30 kemudian, acara dilanjutkan kembali dengan pemberian souvenir kepada narasumber dari blogdetik yang diwakili oleh Meliyanti Setyorini (Community Department Head).

Menjelang akhir acara, seluruh peserta sepakat memilih ketua kelas Sunday Sharing berikutnya yaitu Suharsono. Sebagai simbolis, acara ditutup dengan foto bersama.

Tertarik mengikuti #SundaySharingBlogdetik yang akan digelar 2 bulan lagi? Tunggu, informasi selanjutnya!

Artikel terkait:

TAGS   komunitas/sundaysharing

Tulisan Terkait
Foto & Video Terbaru